Rabu, 19 Februari 2020

Tips Cuci Muka Agar Terbebas Dari Debu Dan Kotoran


Cara cuci muka yang benar

Sudah benarkah cara Anda membersihkan muka selama ini? Berikut panduan cara cuci muka yang benar yang penting untuk diketahui.

1. Cuci tangan


Banyak orang lalai dalam hal ini. Padahal cara cuci muka yang benar adalah dengan mencuci tangan terlebih dahulu. Tangan yang kotor justru dapat menyebabkan kotoran di kulit semakin menumpuk.
Hal inilah yang kemudian berpotensi menimbulkan jerawat. Jadi sebelum cuci muka, pastikan Anda mencuci tangan sampai bersih terlebih dahulu.

2. Bersihkan makeup dulu


Ada baiknya Anda jangan langsung cuci muka pakai sabun setelah seharian pakai makeup. Bersihkan dulu makeup Anda dengan pembersih khusus (misalnya micellar water) sampai benar-benar bersih. Setelah itu, basuh wajah Anda dengan kain lap lembut yang sudah dibasahi air hangat.

3. Pakai air hangat


Hindari menggunakan air panas untuk cuci muka. Pasalnya, air panas justru akan membuat kulit Anda kering dan rentan mengalami iritasi. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan air hangat suam-suam kuku untuk membersihkan wajah.

4. Coba pembersih wajah dalam bentuk gel atau krim

krim malam
Sabun dapat menyebabkan kulit kering dan tidak bisa menghapus seluruh kotoran di wajah. Sabun yang terlalu keras untuk kulit akan mengangkat lapisan minyak alami kulit dan justru memperjelas garis-garis halus di wajah.
Sebagai gantinya, gunakan pembersih wajah berbentuk krim atau gel. Pembersih wajah jenis ini berfungsi untuk membantu pengelupasan kulit, membersihkan sisa make up, serta pori-pori yang tersumbat.

5. Pijat wajah dengan lembut

Jangan terburu-buru ketika mencuci muka. Pasalnya, hal tersebut membuat kotoran dan minyak tidak hilang sempurna.
Jika ingin mendapatkan kulit wajah yang bersih dan bebas kotoran, luangkan waktu setidaknya beberapa detik untuk memberi pijatan lembut pada wajah Anda. Pijat daerah sekitar hidung dan dahi yang cenderung berminyak. Setelah itu, bilas dengan air sampai bersih.

6. Gunakan lap untuk mengeringkan wajah


Lap yang lembut dapat membantu pengelupasan kulit-kulit mati, membersihkan makeup, dan kotoran yang menempel di wajah.
Setiap malam, celupkan kain lap dalam air hangat, peras sedikit, serta tempelkan pada wajah, leher, dan dada untuk membuka pori-pori. Bersihkan bagian-bagian tersebut secara perlahan. Jangan lupa bersihkan dahi dan bagian belakang leher.
Ingat, jangan menggosokkan handuk ke wajah saat mengeringkan muka. Karena hal ini dapat mengancam elastisitas kulit wajah. Biarkan wajah mengering dengan sendirinya atau tepuk-tepuk muka dengan handuk bersih. Tepuk-tepuk kain lap yang lembap pada kulit dengan gerakan menyapu ke bawah.

7. Pakai toner

Setelah cuci muka, pakai toner sesuai dengan jenis kulit Anda. Toner dapat membersihkan semua bekas makeup, debu, dan minyak yang umumnya tidak bisa dibersihkan secara optimal oleh pembersih biasa.
Tak hanya itu saja, toner juga dapat mengangkat sisa sabun, mengecilkan pori-pori, menghilangkan kelebihan minyak, serta menghaluskan kulit Anda.

8. Krim mata merupakan teman terbaik


Daerah halus di sekitar mata adalah kulit tertipis yang perlu perhatian ekstra. Maka itu, Anda sebaiknya pakai krim mata setiap hari. Jika mata Anda sensitif dan rentan bengkak,  carilah krim mata yang mengandung peptida dan bahan-bahan herbal.
Ambil sedikit krim dengan ujung jari, kemudian oleskan ke bagian mata dalam hingga sudut terluar. Tekan perlahan area yang dioleskan krim dengan ujung jari, supaya krim merata.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar